Selasa, 09 Juni 2015

Manusia Dan Cinta Kasih




A.  PENGERTIAN CINTA KASIH
Untuk hal ini terbagi menjadi dua kata, apa sih arti cinta  dan apa itu kasih ?
Cinta adalah  perasaan yang di awali dengan rasa suka sesama manusia berdasarkan hal apapun dari individu lainnya, lalu di kemudian waktu akan disertai rasa sayang yang kuat hinga keterikatan batin antara satu sama lain.
Kasih adalah perasaan cinta yang sudah dilengkapi ketulusan dan belas kasih antara individu satu dengan yang lainnya.
Jadi cinta kasih bisa di artikan menjadi perasaan yang di awali dengan rasa suka sesama manusia berdasarkan hal apapun dari individu lainnya, lalu di kemudian waktu akan disertai rasa sayang yang kuat hinga keterikatan batin antara satu sama lain yang dilengkapi dengan ketulusan dan belas kasih antara individu satu dengan yang lainnya.

·         B. Peranan Cinta Kasih
Cinta kasih menjadi landasan suatu hal dalam kehidupan manusia dari sosial , religi,dan in materiil lainnya. Semua manusia mempunyai suatu cinta dalam menjalani kehidupan sehari – sehari, setelah dia mempunyai suatu cinta maka akan ada hal hal baik yang mengikuti di belakangnya .
Misal, Apabila seseorang mencintai keluarganya dalam hal ini anak dan istri  , maka ia akan terdorong mencari nafkah secara halal pekerjaannya , maka di kemudian hari dia akan mempunyai rasa tanggung jawab atas pekerjaanya dan akan lebih bersemangat, lalu kemudian akan member contoh yang positif bagi orang lain.

·         C. Cinta Kepada Tuhan
Ini adalah hal yang hakiki yang paling di miliki oleh manusia. Tuhan memang tidak berwujud secara fisik menemani kita sehari hari.Tetapi manusia sudah terikat dengan tuhan dari sebelum ia lahir . Manusia memang tempat segala kesalahan , sedangkan tuhan menghapus semua itu, tuhan merupakan tempat kembali , mengadu , mencurahkan hati , dan tempat berlindung dari segala hal.
Beribadah dan berdoa adalah wujud cinta kasih yang paling utama pada cinta kepada tuhan. Dengan memiliki iman yang kuat , manusia itu mempercayai tuhan itu ada dan di yakini ada pada hati masing masing manusia.
Cinta kepada tuhan dapat memberikan cinta pada hal lainnya , yakni cinta terhadap sesama , cinta terhadap alam, hubungan manusia yang positif, dan cinta kepada diri sendiri. Hal ini di sebabkan tuhan maha cinta, sumber dari segala cinta dan kasih .

·         D. Hikmah Cinta

·         Cinta itu adalah merupakan ujian yang paling berat dan pahit dalam kehidupan manusia. Karena setiap cinta akan mengalami bernbagai macam rintangan. Apakah seseorang akan menempuh cintanya dengan cara terhormat dan mulia? Ataukah ia akan meraihnya dengan cara yang rendah dan hina? Apakah ia akan berjual mahal dengan cintanya, atau biasa-biasa saja? Apakah ia benar-benar tertarik dengan kekasihnya, ataukah sekedar main-main saja? Semuanya dapat diketahui setelah ia mendapatkan rintangan dalam perjalanannya.

·         Bahwa fenomena cinta yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan. Kalau bukan karena cinta, tentu manusia tidak akan pernah terdorong gairah hidupnya untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan. Pendek kata kalau bukan karena fenomena cinta, tak akan pernah ada gerakan, kreasi dan apresiasi di dunia ini. Juga tak akan pernah ada pembangunan dan kemajuan.


·         Bahwa fenomena cinta merupakan faktor utama di dalam kelanjutan hidup   manusia, dalam kenal-mengenal antar mereka. Juga untuk saling memanfaatkan kemajuan bangsa. Ia merupakan modal utama di dalam mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan yang tersimpan di dalam keindahan alam, kehidupan dan kemanusiaan.

·         Fenomena cinta, jika diperhatikan merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan antar anggota keluarga, kerukunan bermasyarakat, mengasihi sesame mahluk hidup, menegakkan keamanan, ketentraman, dan keselamatan di segala penjuru bumi. Cinta merupakan benih dari segala kasih dan sayang, dan segala bentuk persahabatan, dimanapun adanya.

1 komentar: