Kamis, 06 Mei 2010

Kutub Selatan Mencair



Greenland menumpahkan 85 juta ton bongkahan es setiap hari karena pemanasan, dan pada tingkat yang terus bertambah sebesar 7 persen setiap tahun. Lapisan Es Antartika Barat juga mencair, dengan 3,3 meter kenaikan permukaan laut yang akan mengancam kota-kota besar. Dan jika semua Antartika dan Greenland mencair esnya - maka permukaan laut bisa naik hingga 70 meter yang dapat mematikan atau bencana bagi sebagian besar kehidupan di Bumi.

Para peneliti di Survei Geologi AS (USGS) telah melakukan survei pertama kalinya atas seluruh garis pantai Antartika yang melaporkan bahwa bagian selatan dari Semenanjung Antartika yang suhunya paling dingin, telah menyusut selama lebih dari enam tahun dengan perubahan terbesar terjadi sejak tahun 1990.

Para ilmuwan itu melaporkan bahwa kondisi ini kemungkinan pertanda dari situasi di seluruh Antartika yang lapisan esnya merupakan 91% dari air gletser dunia dan dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut 60 hingga 70 meter jika semua es di daratan itu mencair.

Sebagaimana dicatat oleh para ahli lingkungan, bahkan satu meter kenaikan permukaan laut akan membahayakan pasokan pangan di seluruh dunia.

Hilangnya lapisan es adalah bukti dari efek pemanasan global. Kita dapat memahami dan mengamati bagaimana sistem iklim kita sekarang telah berubah.

http://www.suprememastertv.com/bbs/tb.php/sos_ina/1413
Referensi:
http://news.mongabay.com/2010/0223-hance_antpen.html
http://www.thaindian.com/newsportal/enviornment/ice-shelves-on-antarctic-peninsula-
in-danger_100324624.html
http://www.earth-policy.org/index.php?/books/pb4
http://www.springerlink.com/content/h28l707685463333/
http://www.guardian.co.uk/environment/2009/may/31/cattle-trade-brazil-greenpeace-amazon-deforestation
http://mukhtar-api.blogspot.com/2010/03/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar