Senin, 01 Maret 2010

Langkah-langkah Instalasi Visual basic


Thursday
Sebelumnya ican mohon maaf kelanjutan visual basic ini lama sekali dikarenakan ada problem pada template dan ican pun belum bias upload software visual basicnya,, untuk sementara ican kasih tau dulu langkah2 menginstal visual basicnya,, softwarenya menyusul


Instalasi Visual Basic 6
Langkah- langkah untuk menginstall VB6 adalah :

1. Masukan CD-ROM installer , buka isinya kemudian klik ganda pada setup.exe sehingga akan muncul kotak dialog yang pertama kemudian klik next.


2. Kotak dialog yang kedua akan muncul, baca agreement jika setuju klik I accept the agreement dan klik next.


3. Kotak dialog yang ketiga akan muncul, isikan nomor produk yang tertera pada VB6 klik next.


4. Kotak dialog yang keempat akan muncul, klik install Visual Basic 6 klik next, program InstallShield akan bekerja dan muncul kotak dialog kelima yang isinya tentang aturan hukum pembajakan ada aturan main yang harus disepakati bersama yaitu EULA(End User Lisence Agreement) perjanjian antara Microsoft dengan user, klik continue.


5. Kotak dialog yang keenam akan muncul, secara default VB6 akan akan membuat folder yang terletak C:\Program files\DevStudio\VB. klik ok.


6. Kotak dialog yang ketujuh akan muncul, menyediakan pilihan setup Typical atau Custom lalu klik ok, nama program VB6 secara default adalah Microsoft Visual Basic 6 lalu klik continue proses penyalinan hardisk dimuali pada langkah ini .


7. Setelah proses mencapai 100% akan muncul tampilan yang memberi tahu bahwa proses instalasi akan komplet. Klik ok, VB6 akan meminta untuk merestart windows agar hasil proses instalasi sesuai dengan rencana.


8. Klik tombol restart windows, lengkaplah proses instalasi VB6. Untuk melihat hasilnya, dari menu Start arahkan pointer ke Microsoft Visual Basic 6, maka akan tampil kelompok dari program Visual Basic 6.



Kebutuhan Perangkat Komputer

- Sistem Operasi 32 bit seperti Windows 95 dst, Windows NT 4.0 atau 3.51

- IBM PC atau yang kompatibel dengan prosesor 486 keatas

- RAM 16 MB keatas

- VGA dengan resolusi yang cukup tinggi

- Ruangan hardisk yang memadai untuk menyuimpan program VB6



Microsoft Visual Basic tersedia dalam 3 ( tiga ) edisi, yaitu :

1. Learning edition, merupakan edisi khusus yang perlengkapannya sangat minimal tapi sudah cukupbagi para pemula yang hanya menciptakan program-program sederhana.

2. Profesional edition, telah melengkapi semua peralatannya untuk membuat program.

3. Enterprise edition, merupakan edisi terlengkap, termasuk didalamnya untuk pembuatan aplikasi-aplikasi client server dalam jaringan dan MS-Source Safe.



Menjalankan VISUAL BASIC 6

Untuk menjalankan VB6 ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu :

- Dari Menu Start pilih program – Microsoft Visual Studio 6 – lalu klik icon Visual basic 6

- Klik ganda icon Visual Basic 6 pada Dekstop

- Klik ganda ekstensi .MAK pada Window Eksplorer

- Klik ganda file VB6.EXE pada Windows Eksplorer. File ini secara default terletak pada folder C:\Program files\Microsoft VisualStudio\VB98

Tidak ada komentar:

Posting Komentar