Senin, 01 Maret 2010

MENGENAL INTERFACE DALAM MENU VISUAL BASIC


Monday




Akhirnya ichan bisa belanjutkan tutorial vb 6 seri selanjutnya pada pembahsan kalie inie ichan akan menyinggung tentang interface dalam visual basic ,,

Gambar. IDE ( Integrated Data Environtment ) VB6

- Main Menu terdiri dari 2 komponen yaitu menu bar dan title bar. Menu bar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada VB, title bar akan menampilkan judul proyek VB yang sedang dikerjakan.

- Toolbar digunakan untuk mngakses menu yang ada dalam VB secara lebih cepat dan lebih mudah.

- Toolbox berisi kumpulan objek yang digunakan untuk membuat user interface serta pengontrolan bagi program yang dibuat. Objek yang terdapat dalam toolbox ini adalah control.

Project Explorer Digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah objek yang berisi daftar form, modul class dan file resource yang digunakan sebuah proyek.

- Window Properties merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek, dibagi dalam 2 bagian yaitu; Alphabetic dan Categorized.

- Form adalah lembar desain tampilan atau kanvas dari program yang dibuat. Form ini adalah tempat diletakannya kontrol-kontrol VB.

- Window Code digunakan sebagai tempat untuk menuliskan atau menyunting program VB., terdiri dari 2 elemen, yaitu : Object Box dan Procedure List Box.

- Window Form Layout digunakan untuk mengatur tata letak form pada layar monitor.

- Window immediate digunakan untuk mencoba beberapa instruksi program dan pada saat menguji program bisa digunakan sebagai windowdebug.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar