Sabtu, 13 Juni 2015

Kesusastraan

1. Pengertian Kesusastraan

Secara harfiah dan etimologi kesusastraan artiya karangan yang mempunyai arti dan alur yang indah , perpanjangan dari bentuk sastra.

Kata indah disini bukan ditentukan oleh gaya bahasa dan literatur yang tinggi , tetapi dari nilai nilai yang terkandung pada suatu kesusastraan tersebut, semakin banyak nilai nilai moral yang terkandung dalam kesusastraan tersebut bisa dipastikan makin indah.

Nilai moral pada kesusastraan bisa di filosofikan sesuatu yang indah , apabila tidak ada moral di dalamnya tidak akan berguna dalam kehidupan, Hal yang indah perlu di lengkapi dengan nilai nilai kebaikan. Ada beberapa nilai yang harus dimiliki oleh sebuah ciptasastra. Nilai-nilai itu adalah Nilai-nilai estetika, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai yang bersifat konsepsionil. Ketiga nilai tersebut sesungguhnya tidak dapat dipisahkan sama sekali. Sesuatu yang estetis adalah sesuatu yang memiliki nilai-nilai moral. Tidak ada keindahan tanpa moral. Moral bukan hanya semacam sopan santun ataupun etiket belaka. Moral adalah nilai yang berpangkal dari nilai-nilai tentang kemanusiaan. Tentang nilai-nilai yang baik dan buruk yang universil. Demikian juga tentang nilai-nilai yang bersifat konsepsionil itu. Dasarnya adalah juga nilai tentang keindahan yang sekaligus merangkum nilai tentang moral.

2. Jenis - Jenis  Kesusastraan

A. Puisi
B. Dongeng
C. Essay dan Kritik
D.Drama


1 komentar: