Sabtu, 13 Juni 2015

Manusia Dan Kebudayaan





1.       Definisi Budaya

Kebudayaan di ciptakan manusia sebagai mahluk tuhan yang sempurna , Kebudayaan terwujud dari kegiatan manusia sehari hari , baik secara fisik, rutinitas , dan ekspresif.

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita. Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan.

2.      Manusia Dan Budaya

Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan dari seorang manusia itu adalah merupakan kebudayaan.

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, melebihi ciptaan Tuhan yang lain. Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu. Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar dapat digunakan untuk kebaikan mereka masing – masing dan untuk orang di sekitar mereka. Manusia diberikan hawa nafsu agar mampu tetap hidup di bumi ini. Salah satu hakekat manusia lainnya ialah manusia sebagai makhluk sosial, hidup berdampingan satu sama lain, berinteraksi dan saling berbagi.

3.      Keterkaitan Budaya dengan Manusia

Kebudayaan terbentuk dari perilaku  manusia , baik positif dan negative, kebudayaan positif menjadikan manusia mempunyai hal hal yang positif untuk kegiatan sehari harinya. Untuk negative menjadikan hal yang sebaliknya . Misal seseorang terbiasa datang tepat waktu , lalu menjadi rutinitas ,rutinitas ini menjadi melekat pada orang itu sehingga stigma orang lain bahwa orang itu selalu tepat waktu, budaya tepat waktu menjadikan orang tersebut menjadi terlihat baik, padahal pad dasarnya perilaku orang tersebut yang membuat dirinya sendiri menjadi positif, sehingga dapat di jadikan panutan bagi orang lainnya.

4.     Budaya di Indonesia

Budaya yang ada di negara Indonesia adalah bentuk perwujudan dari perilaku masyarakat yang di wilayah nusantara. Seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia terdiri berbagai macam suku bangsa , Jadi bisa di simpulkan indonesia memiliki banyak keanekaragaman budaya.

Untuk di pulau jawa saja , sudah ada suku sunda, suku tengger, suku betawi, suku jawa, suku madura, dan suku badui banten, tiap tiap suku memiliki budaya dan seni , serta pola hidup sendiri, dan sudah di pastikan berbeda dengan yang lainnya. Belum lagi di wilayah sumatra , kalimantan dan wilayah lainnya yang masuk dalam NKRI.

Manusia dan kebudayaan memiliki nilai tersendiri dalam di Indonesia Secara fisik sudah dipastikan berbeda , tetapi selama perbedaan itu masih terikat oleh " Bhineka Tunggal Ika " tidak ada masalah dalam menjaga nilai nilai persatuan di Indonesia .

Tidak masalah apapun suku dan jenis budayanya, masyarakat yang ada di negara Indonesia berhak menjaga solidaritas persaudaraan dan perdamaian serta memiliki nilai toleransi yang tinggi tanpa menghilangkan ciri khas sendiri dari masyarakat itu sendiri.



 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar