Selasa, 16 Juni 2015

Manusia dan Keadilan

1. PENGERTIAN KEADILAN

 Keadilan memberikan kebenaran, ketegasan dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan juga tidak memihak kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana.

Misal seseorang bandar narkoba  tertangkap oleh lembaga kepolisian , lalu di sidangkan di pengadilan dan ternayata di hukum mati oleh hakim . Maupun sang bandar narkoba itu kaya , dermawan, dan mempunyai kapasitas yang kuat di lingkungan.., Sang bandar narkoba harus mengikuti putusan hakim , bahwa ia divonis hukuman mati akibat perbuatannya. Disini hakim menjadi pelaku keadilan.

2.KEADILAN SEBAGAI PEDOMAN BANGSA INDONESIA

Terdapat pada sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia artinya masyarakat indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat yakni

1. Perbuatan yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2. Sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati   
    hak-hak orang lain.
3. Sikap tolong menolong
4. Sikap suka bekerja keras.
5. Sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan
    bersama.Misal tidak membeli kaset bajakan.


3.DASAR KEADILAN

Dasar keadilan adalah kejujuran  dan hati nurani manusia tanpa dasar tersebut keadilan tidak dapat di tegakan.Misal hakim tidak jujur dengan kasus perkara korupsi , koruptor dengan terdakwa hukuman 20 Tahun penjara menjadi 2 tahun penjara , karena hakim di suap oleh keluarga terdakwa.

4. KEADILAN DALAM ISLAM

Islam memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbuat adil atau menegakkan keadilan pada setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan (Qs. an-Nisaa (4): 58):
 
Sesungguhnya Allah menyuruhmu menyampaikan ama- nat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apa bila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberikan pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat.


Semua berlandaskan bahwa Allah Maha Adil bagi setiap manusianya, Keadilan yang hakiki adalah keadilan yang tanpa paksaan , berasas dengan kejujuran apapun kondisi dan tantangannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar