Sabtu, 13 Juni 2015

Manusia dan Keindahan

1. Keindahan

Berdasar dari kata indah, yang merujuk pada kata bagus, baik dan cantik. Keindahan sendiri perpanjangan dari konteks kata indah. Tetapi keindahan mempunyai arti lebih kata indah ,Keindahan adalah sesuatu hal yang pasti ada di dalam diri semua mahluk baik keindahan yang berwujud secara fisik dan non fisik selalu terkait pada sisi positif dan kebaikan.

2. Korelasi keindahan dengan Manusia

Tiap manusia memiliki keindahan dalam diri sendiri, baik berwjud kecantikan , ketampanan, kemewahan , kekayaan dan kebaikan hati . Semua hal tersebut memiliki keterkaitan . Sesuatu yang cantik belum tentu dapat disebut keindahan. Keindahan fisik tidak ada akan artinya jika tidak ada kebaikan didalam diri individunya.

Keindahan benar benar bisa di sandangkan apabila memang dilengkapi moral , itulah bedanya keindahan yang ada di mahluk hidup lainnya dengan manusia. Manusia mahluk sempurna di lengkapi akal pikiran dan moral. Keindahan sejati bersumber dari hati yang tulus dan penuh kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Semakin baik seseorang,aura keindahan terpanca. Walaupun ia terjebak di rupa yang jelek , keindahan masih terpancar jika hatinya diselimuti kebaikan. Hal inilah  yang merupakan Inner Beauty dari seseorang.

3. Sebab Manusia Menciptakan Keindahan

 A. Tata nilai budi pekerti yg sudah hilang
    Sesuai dengan hal yang di atas , walaupun masyarakat menciptakan sesuatu yang indah , misal taman yang indah , tetapi perilaku merusak, dan kriminal masih berlangsung . Hasil fisik taman yang indah itu tidak bisa di sebut keindahan yang hakiki, tetapi prilaku masyarakatlah yang menentukan. Misal walaupun tinggal di perumahan sederhana , perilaku masyarakat masih baik ,saling membantu dan gotong royong, perumahan sederhana tersebut akan terpancar keindahan.

B. Penderitaan Manusia

Banyak faktor yang membuat manusia itu menderita. Tetapi yang paling menentukan ialah faktor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa. serakah, tidak berhati-hati dan sebagainya.

Keadaan demikian ini tidak mempunyai daya tarik dan tidak menyenangkan, karena nilai kemanusiaan telah diabaikan, dan dikatakan tidak indah. Yang tidak indah itu harus dilenyapkan karena tidak bermanfaat bagi kemanusiaan.


C.Keagungan Tuhan

Keagungan Tuhan dapat dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keindahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan. Manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan Tuhan itu. Seindah-indah tinian terhadap ciptaan Tuhan, tidak akan menyamai keindahan ciptaan Tuhan itu sendiri..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar